Jumat, 23 April 2010

Sifat -Sifat bahan kimia

SIFAT - SIFAT BAHAN KIMIA

  1. Bahan Kimia Yang Bersifat Korosif

    Sifat korosif merupakan sifat bahan kimia yang dapat merusak kulit, jika zat lain bersentuhan dengannya. Bahan kimia korosif dapat merusak logam dan marmer sehingga bahan kimia korosif harus dikemas dalam kemasan yang benar - benar aman seperti botol plastik dan botol kaca. Bahan - bahan kimia yang bersifat korosif seperti senyawa-senyawa asam seperti; asam sulfat, asam klorida, asam cuka.

  2. Bahan Kimia Yang Bersifat Kaustik

Sifat kaustik merupakan sifat bahan kimia yang merusak kulit dan menimbulkan iritasi. Sifat kaustik ini ada pada senyawa - senyawa basa seperti natrium hidroksida, kalsium hidroksida, dan amonium hidroksida. Melalui proses lebih lanjut dan dicampur dengan bahan kimia lain maka bahan ini akan menjadi lebih aman.

3. Bahan Kimia Yang Mudah Terbakar

Bahan kimia yang memiliki sifat mudah terbakar dapat menimbulkan api atau terbakar dengan mudah ketika berinteraksi dengan zat lain. Bahan kimia ini sangat peka terhadap suhu tinggi atau panas sehingga harus ditempatkan pada tempat yang relatif sejuk dan tertutup rapat. Contoh bahan tersebut ; bensin, bensol, spirtus, alkohol, minyak tanah dll

4. Bahan Kimia Yang Mudah Meledak

Bahan kimia yang mudah meledak dapat menimbulkan ledakan atau pancaran energi jika bersentuhan dengan zat lain

Bahan kimia yang mudah meledak harus ditangani lebih khusus dan dikemas sedemikian rupa agar tidak membahayakan manusia

Contoh bahan kimia yang mudah meledak adalah natrium, kalium, magnesium, bahan bakar korek api, amonium nitrat,karbit, TNT (trinitro toloune )dan nuklir

5. Bahan Kimia Yang Bersifat Racun

Sifat racun adalah sifat bahan kimia yang apabila masuk ke jaringan tubuh dapat merusak sel darah merah dan sistem saraf. Oleh karena itu bahan kimia yang bersifat racun dapat menimbulkan kematian dan kelumpuhan.

Contoh : gas clor, raksa, insektisida, herbisida, asam sianida, asam sulfida dll.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar