Minggu, 09 Mei 2010

70 Kosmetik dilarang beredar

JAKARTA: Sebanyak 70 merek kosmetik yang beredar di pasaran dilarang beredar karena mengandung bahan kimia dan berbahaya bagi kesehatan.

Sejumlah zat kimia yang terkandung dalam kosmetik itu antara lain merkuri, hidrokinon, asam retinoat dan bahan pewarna merah K.3.

70 Merek kosmetik yang dilarang beredar itu terbagi dalam empat kategori yaitu kosmetik perias wajah dan mata (18 merek), pewarna rambut (tujuh merek), perawatan kulit (44), dan sabun mandi (satu merek).

Beberapa merek kosmetik berbahaya itu antara lain Olay 4 in 1 Complete Make Up, Pond’s Detox Complete Beuty Care, Sutsyu lipstick color fi x No.5, Casandra hair dye, Dr. Fredy Setyawan whitening cream II, Top-Gel MCA Extra Pearl Cream, Olay Total white cream, Pond’s Age Miracle day and night cream, dan Jinzu strawbery white and beauty soap.

Hanya saja, sejumlah merek itu diketahui sebagai merek palsu. “Seperti Pond’s, itu yang palsu dan tidak dikeluarkan oleh produsennya. Hanya nebeng nama saja,” terang Husniah, seperti dikutip detikcom.

Sudah tidak beredar
Direktur Utama Natasha Skin Care, Tantri Onny Bianti, menyatakan mereka memang pernah menggunakan salah satu merek yang dianggap berbahaya itu.

Merek yang dimaksud adalah Dr. Fredy Setyawan whitening cream II. Hanya saja ia menampik jika merek itu berbahaya bagi kesehatan.

Dia menjelaskan, krim pemutih dengan merek Dr. Fredy Setyawan whitening cream II sama sekali tidak mengandung merkuri, hidrokinon, asam retinoat dan bahan pewarna merah K.3. Menurut Tantri, hanya ada satu kandungan dalam cream whitening tersebut yakni asam retinoat.

“Kalau asam retinoat itu tidak berbahaya bagi wajah selama pemakaiannya sesuai petunjuk dokter,” kata wanita yang akrab dipanggil Onny ini saat dihubungi Harian Jogja.

Menurut Onny, asam retinoat sebenarnya merupakan asam vitamin A yang digunakan untuk meningkatkan tampilan dan tekstur kulit. Bahan ini menghasilkan peeling dangkal yang lembut di epidermis. Asam retinoat akan memiliki efek baik pada permukaan kulit.

Manfaat utamanya mengurangi efek sinar matahari yang menyebabkan proses aging, dengan mempercepat pengelupasan sel-sel di permukaan kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar