Jumat, 07 Mei 2010

Penggolongan obat (bahan kimia rumah tangga)



Obat

Obat adalah bahan yang digunakan untuk mencegah dan mengobati penyakit. Obat yang berasal dari tumbuhan atau hewan disebut obat tradisional. Tetapi , sekarang sudah menjadi obat sintesis.

1. Obat Kemasan tablet

Tablet merupakan kemasan padat yang mengandung senyawa dan pengencer tertentu yang di buat dengan dicetak. Tablet dilapisi pelindung agar tidak rusak. Contohnya adlah obat influenza.

2. Obat kemasan serbuk atau puyer

Obat ini biasanya digunakan oleh anak-anak. Obat ini lebih cepat diserap oleh tubuh dibandingkan dengan obat kemasan lain.

3. Obat kemasan kapsul

Kapsul adalah obat berbentuk padat yang dibungkus oleh kulit dari bahan gelatin karena gelatin mudah rusak dalam saluran sehingga cepat diserap lambung. Kapsul lebih cepat diserap daripada tablet. Contonhya obat penghilang rasa sakit.

4. Obat dalam bentuk sirup

Sirup adalah larutan pekat dalam air gula atau pengganti gula dengan atau tanpa bahan tambahan seperti bahan pewangi. Obat sirup terbentuk dari senyawa sukrosa, air murni, pemberi rasa, pewarna, bahan terapetik, dan bahan pembau. Contohnya obat batuk.

5. Obat kemasan suspensi

Suspensi adalah kemasan obat yang berbentuk butiran halus yang ditahan dalam suspense dengan bahan pembawa yang sesuai. Suspensi ada yang berbentuk cair dan kering. Contohya obat gangguan pncernaan.

6. Obat kemasan salep

Obat salep merupakan obat setengah cair yang mudah dioleskan. Obat yang tergolong salep bias berbentuk krim, jeli, dan pasta. Krim banyak mengandung air. Jeli sangat lunak dan mengandung sedikit lilin. Pasta salep mengandung lebih dari 50% padat.

7. Obat tetes

Obat tetes merupakan sediaan farmasi dari bahan yang dilarutkan dalam pelarut dan diberikan dengan cara meneteskan pada pasien.

8. Obat Suntik

Obat suntik merupakan sediaan farmasi berbentuk larutan, emulsi, atau suspense dalam air dan diberikan dengan cara menyuntik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar