Jumat, 07 Mei 2010

bahan kimia industri


1. Cat

Cat adalah lapisan bewarna yang digunakan untuk melapisi permukaan benda. Cat dapat digunakan untuk memperindah penampilan luar benda, melapisi logam untuk menghindari korosi dan mencegah kerusakan benda karena panas atau jamur.

Pigmen adalah zat warna tidak tembus cahaya yang terdapat dalam cat. Media pendispersi merupakan bahan yang digunakan untuk melarutkan pigmen cat. Zat tersebut mudah menguap. Senyawa yang biasa adalah alcohol dan minyak terpentin. Berdasarkan corak warnanya, pigmen cat dibedakan menjadi pigmen putih, merah, jingga, kuning, hijau, biru, dan coklat. Thinner digunakan untuk membentuk permukaan cat yang licin dan merata. Zat yang digunakan sebagai bahan thinner adalah benzene dan naftalena

2. Pestisida

Pestisida adalah bahan kimia yang digunakan untuk memberantas hama, seperti wereng, ulat, dan kumbang. Bedasarkan jenis hama yang akan diberantas, pestisida dikelompokkan menjadi empat macam :

Insektisida: Pestisida pembasmi serangga.

Herbisida : Pembasmi tanaman pengganggu.

Fungisida : Pembasmi jamur.

Rodentisida: Pestisida pembasmi binatang pengerat.

Insektisida dibagi lagi menjadi :

a. Insektisida Organoklorin : DDT (dichloro diphenly trichloroethane), dapat menimbulkan pencemaran lingkungan. BHC (Benzana Heksaclorida), dapat mengganggu kesehatan manusia. Telodrin (senyawa siklodin).

b. Insektisida Organofosfat.

c. Insektisida Karbanat.

d. Insektisida Tiosianat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar